INTERFACE ADOBE FLASH
pengertian adobe flash
Adobe Flash merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah animasi 2D. Animasi yang bisa dibuat dengan adobe flash itu banyak sekali, Anda bisa membuat film animasi 2D, media pembelajaran, company profile, website berbasis flash, banner ads, bahkan anda juga dapat membuat game dengan menggunakan adobe flash ini.
Pengertian Interface
Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna
(user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi
dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user)
untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan
suatu solusi.
Interface, berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis
pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan
memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh / step by step
sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu
sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan
sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan
/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.
Mengenal Interface dari Adobe Flash.
Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak tahu, kalau tidak kenal maka harus kenalan dulu, supaya tahu. Untuk mudah dalam mempelajari adobe flash tidak bisa dipungkiri Anda harus mengenal terlebih dahulu interfacenya, agar kedepannya mudah untuk memahaminya, dan betul-betul tahu fungsi-fungsi dari area kerja adobe flash itu sendiri.Nah bisa anda lihat gambar di bawah ini adalah area kerja atau workspace pada adobe flash.
Workspace Adobe Flash CS6 |
baik saya akan jelaskan satu persatu bagian2 dari area kerja adobe flash itu sendiri
1. Stage
Stage |
Stage merupakan area atau kampas yang dapat anda gunakan untuk menggambar, meletakkan objek yang digunakan dalam pembuatan animasi.
2. Timeline
Timeline |
Timeline merupakan area yang digunakan untuk mengontrol animasi,
pada area ini terdapat 2 bagian yang disebelah kiri disebut layer,
sedangkan yang dikanannya adalah area frame.
Layer area |
Frame Area |
3. Panel Properties
Panel properties merupakan tempat untuk mengatur objek-objek yang digunakan pada pembuatan animasi, baik mengatur warna, mengatur teks, ukuran, dsb. Tampilan panel properties ini akan berubah isinya sesuai dengan objek yang dipilih. Berikut adalah contohnya.Dibawah ini adalah tampilan panel properties untuk pengaturan dokumen.
Panel Properties untuk Document |
Kemudian dibawah ini adalah tampilan panel properties untuk pengaturan objek gambar(bitmap)
Panel Properties untuk objek Bitmap |
4. Panel Library
Panel Library |
Panel library merupakan tempat menyimpan aset-aset yang digunakan pada pembuatan animasi seperti gambar, suara, video, simbol dsb. Panel library ini letaknya ada disebelah panel properties.
5. Toolbox
Toolbox |
Toolbox merupakan tempat kumpulan alat-alat yang nantinya anda gunakan untuk membuat animasi. Ada banyak tool atau alat yang dapat anda gunakan disini seperti untuk selecting(memilih objek), drawing(menggambar), coloring(mewarnai), ada untuk editing, dsb. toolbox ini letaknya ada di paling kanan.
6. Menu Bar
Menu Bar : Merupakan bagian pengaturan utama. Tampilan ini terdiri dari beberapa sub-sub menu.
7. Other Panel
Other panel ini bukan istilah tapi sebutan yang saya buat, panel muncul
secara otomatis pada saat anda membuka flash pertamakali. Panel ini
dapat anda hilangkan atau anda tambahkan dengan cara memilih menu window
yang ada di menu bar lalu tinggal anda pilih panel-panel yang akan anda
tampilkan. Panel ini letaknya berada disebelah kanan panel properties.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar